RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : MI Nurul Jihad Tembilahan Hulu
Mata Pelajaran : Penjas Orkes
Kelas/Semester : IV/I
Alokasi Waktu : 2x35 Menit (1x pertemuan)
Standar Kompetensi : 2. Mempraktekan
latihan untuk meningkatkan kebugaran dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar : 2.2. Mempraktikkan
aktifitas permainan untuk melatih kelenturan
Indikator :
-
Siswa
dapat menyebutkan pengertian latihan kelenturan
-
Siswa
dapat menyebutkan contoh-contoh latihan kelenturan
-
Siswa
dapat menyebutkan langkah-langkah duduk berselonjor
-
Siswa
dapat menyebutkan langkah-langkah permainan timbangan
-
Siswa
dapat mempraktikkan duduk berselonjor
-
Siswa
dapat mempraktikkan permainan timbangan
I.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat:
-
Menyebutkan
pengertian latihan kelenturan
-
Menyebutkan
contoh-contoh latihan kelenturan
-
Menyebutkan
langkah-langkah duduk berselonjor
-
Menyebutkan
langkah-langkah permainan timbangan
-
Mempraktikkan
duduk berselonjor dengan benar
-
Mempraktikkan
permainan timbangan dengan benar
Karakter
siswa yang diharapkan:
-
Jujur
-
Kerja
keras
-
Disiplin
II.
Materi
Pembelajaran: Latihan Kelenturan
Kelenturan
merupakan gerakan untuk melenturkan otot-otot dan persendian. Latihan
kelenturan diperlukan agar otot dan persendian tidak kaku. Latihan kelenturan
juga berguna untuk menghindari bahaya cedera.
1.
Duduk
Berselonjor
Cara melakukan
:
-
Duduk
berselonjor dengan teman pasangannya, kedua kaki rapat.
-
Telapak
kaki saling ditempelkan dengan telapak kaki temannya lurus dan rapat, kedua
tangan saling berpegangan atau mengait.
-
Kemudian, tangan saling menarik dan bertahan.
-
Lakukan
beberapa kali
2.
Permainan
Timbangan
Permainan
timbangan merupakan salah satu bentuk latihan kelenturan.
Pada permainan
ini otot-otot punggung dilatih. Lakukan latihan ini secara berpasangan.
Cara melakukan:
-
Cari
pasangan yang seimbang
-
Berdiri
dengan membelakangi teman dan kedua kaki saling membuka
-
Kedua
siku saling berkaitan dengan kedua tangan ditempelkan diperut masing-masing
-
Posisi
yang mengendong condong kedepan dan yang digendong condong kebelakang. Perlu
diingat yang digendong kepalanya ditempelkan dipunggung temannya. Lakukan
bergantian dengan teman pasangannya sampai beberapa kali.
3.
Metode
Pembelajaran: Metode ceramah, Demonstrasi dan penugasan
4.
Langkah-langkah
Pembelajaran
A.
Kegiatan
Awal
1.
Menarik
perhatian siswa
-
Mengucapkan
salam
-
Berdoa
-
Absesnsi
2.
Apersepsi yaitu mengaitkan materi minggu lalu dengan
materi hari ini “ Minggu lalu kita telah belajar mengenai latihan gaya tahan
yaitu push up untuk melatih kekuatan
otot perut, nah,,,, hari ini kita belajar mengenai latihan kelenturan”
3.
Motivasi”
dengan melakukan latihan kelenturan ini kita bisa menghindari cedera”
4.
Acuan
(Guru menjelaskan tujuan pembelajaran)
B.
Kegiatan
Inti
1.
Eksplorasi
-
Guru
menggali pengetahuan siswa tentang latihan kelenturan
2.
Elaborasi
-
Guru
menunjukkan contoh gambar latihan kelenturan
-
Guru
menanyakan tentang gambar
-
Guru
menyimpulkan dari beberapa jawaban siswa
-
Guru
menjelaskan tentang materi latihan kelenturan
-
Siswa
diminta mempraktikkan kedepan kelas tentang latihan kelenturan
3.
Konfirmasi
-
Guru
menanyakan kepada siswa tentang materi apakah masih ada yang belum mengerti
C.
Kegiatan
Akhir
-
Guru
meminta siswa menyimpulkan materi latihan kelenturan
-
Guru
memberi penguatan dengan memberikan PR
-
Guru
mengakhiri dengan mengucapkan hamdalah dan salam
5.
Sumber/alat/media:
Sumber : Buku paket Penjas Orkes untuk SD/MI kelas
IV, penerbit Erlangga.
Alat : Spidol, papan tulis
Media : Gambar
6.
Penilaian:
Teknik : Tertulis
Bentuk : Essay
Instrumen : Test soal
Pengayaan : PR
Soal!
Jawablah
pertanyaan dibawah ini dengan benar dan tepat! Skor
1.
Sebutkan
pengertian latihan kelenturan? (35)
2.
Sebutkan
permainan timbangan? (65)
Kunci jawaban
1.
Latihan
kelenturan adalah gerakan untuk melenturkan otot-otot dan persendian
2.
Permainan
timbangan adalah salah satu bentuk kelenturan. Permainan ini merupakan suatu
permainan untuk melatih kelenturan otot-otot punggung yang permainannya
dilakukan berpasangan yang seimbang dengan berdiri dan saling membelakangi dengan
kedua kaki saling terbuka dan kedua tangan ditempelkan diperut dan kedua siku
saling berkaitan, posisi yang mengendong condong kedepan dan yang digendong
condong kebelakang, kepala ditempelkan dipunggung temannya.
Mengetahui, Tembilahan,
November 2013
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
(Mila Maylinda,
S.Pd.,M.Pd.) (Mayke
Melinda, S.Pd.I.)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar