Rabu, 30 April 2014

RPP MIKROTEACHING



Rencana  Pelaksanaan Pembelajaran


Nama Sekolah            :      SDN 002 Cocong Luar
Mata Pelajaran            :      IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas/Semester           :      IV / I (Satu)
Alokasi Waktu            :      1x10 Menit

Standar Kompetensi   :      Memehami hubungan sesama makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan lingkungan
Komptensi Dasar        :       Menyimpulkan adanya saling ketergantungan antara makhluk hidup
Indikator
-          Menyebutkan adanya saling ketergantungan antara makhluk hidup

I.     Tujuan
-                   Siswa mampu menyebutkan adanya saling ketergantungan antara makhluk hidup
Karakter yang di harapkan :           tekun , disiplin, dan kerja sama
II.  Materi pembelajaran           :           Hubungan antara makhluk hidup
A.     Hubungan antara makluk hidup
Hubungan erat yang khas antara dua jenis makhluk hidup yang hidup bersama disebut  simbiosis. Ada beberapa jenis simbiosis yang diuraikan sebagai berikut:
1.      Simbiosis mutualisme
Simbiosis  mutualisme adalah hubungan yang menguntungkankedua belah pihak. Contohnya: hubungan antara kupu-kupu dan tanaman berbunga, hubungan antara kerbau dan burung jalak, serta hubungan ikan hiu ikan remora
2.      Simbiosis komensalisme
Simbiosis komensalisme adalah hubungan yang menguntungkan satu pihak, sedangkan pihak lain tidak diuntungkan atau dirugikan. Contoh hubungan antara anemon laut dan ikan badut, hubungan antara tumbuhan paku atau anggrek dengan pohon besar.
3.      Simbiosis Parasitisme
Simbiosis parasitisme adalah hubungan yang menguntungkan satu pihak, sedangkan pihak lain di rugikan: contonya kutu yang hidup di tubuh hewan  dan bunga raflesia yang tumbuh di tumbuhan inangnya
III.             Metode pembelajaran  :           Inquiri
IV.             Langkah-langkah pembelajaran
a.         Kegiatan awal
1.    Menarik perhatian siswa
2.    Mengucapkan salam
3.    Mengabsen siswa
4.    Membaca basmallah
5.    Apersepsi
“minggu lalu kita telah mempelajari tentang hubungan antara makhluk hidup yang di kenal dengan simbiosis dan macam-macam simbiosis, siapa yang masih ingat macam-macam simbiosis itu ?
Hari ini kita akan melanjutkan hubungan antar makhluk hidup yaitu contoh-contoh dari simbiosis tersebut”.
6.    Memberi motivasi
Jika anak-anak ibu bisa menguasai materi ini maka kalian akan mudah mengetahui mana makhluk hidup yangf termasuk simbiosis mutualisme, komensalisme, dan parasitisme
7.    Hari ini kita akan belajar kelompok
b.         Kegiatan inti
1.    Eksplorasi
a.    Guru menanyakan kepada siswa apakah kita bisa hidup tanpa bantuan orang lain?
b.   Siswa menjawab sesuai penetahuan mereka
2.  Elaborasi
a.    Guru memberikan gambar kepada masing-masing kelompok
b.   Guru meminta setiap kelompok mendiskusikan gambar tersebut, termasuk dalam simbiosis apa
3.    Konfirmasi
a.    Guru meminta setiap kelompok menyajikan hasil diskusinya dengan menempelkan dipapan tulis
b.   Guru mengoreksi jawaban setiap kelompok
c.         Kegiatan akhir
1.    Mereview
2.    Mengevaluasi
3.    Membaca hamdalah
4.    Mengucapkan salam
V.                Sumber/alat pembeajaran
Sumber            : bukupaket IPA kelas IV SD
Alat                 : Spidol, papan tulis dan penghapus

IV.       Penilaian
            Teknik             : Tes
            Bentuk            : Lisan dan Tulisan

Soal lisan (Latihan)                                                                                       (skor)
1.      Hubunagan kupu-kupu dan tanaman berbunga  termasuk conyoh
simbiosis apa ?                                                                                               (50)
Kunci jawaban
1.      Simbiosis mutualisme
Soal tulisan (PR)                                                                                            (skor)
1.      Apa yang di maksud dengan simbiosis komensalisme ?                                     (50)

Kunci jawaban
1.      Simbiosis komnsalisme adalah hubungan yang menguntungkan satu pihak, sedangkan pihak lain tidak di untungkan dan tidak di rugikan.



         Mengetahui,                                                                         Tembilahan, 27 April 2014
       Kepala Sekolah                                                                          Guru Mata Pelajaran




      Drs. Erdi Indra                                                                       Mayke Melinda, S.Pd.I


Tidak ada komentar:

Posting Komentar