Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama
Sekolah : SDN 002 Cocong Luar
Mata
Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas/Semester : IV
/ I (Satu)
Alokasi
Waktu : 1x10 Menit
Standar Kompetensi : Memehami
hubungan sesama makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan lingkungan
Komptensi Dasar : Menyimpulkan
adanya saling ketergantungan antara makhluk hidup
Indikator
-
Menyebutkan adanya saling ketergantungan
antara makhluk hidup
I. Tujuan
- Siswa mampu menyebutkan adanya saling
ketergantungan antara makhluk hidup
Karakter
yang di harapkan : tekun , disiplin, dan kerja sama
II. Materi
pembelajaran : Hubungan antara makhluk hidup
A. Hubungan antara makluk hidup
Hubungan erat yang khas
antara dua jenis makhluk hidup yang hidup bersama disebut simbiosis. Ada beberapa jenis simbiosis yang
diuraikan sebagai berikut:
1. Simbiosis
mutualisme
Simbiosis mutualisme adalah hubungan yang
menguntungkankedua belah pihak. Contohnya: hubungan antara kupu-kupu dan
tanaman berbunga, hubungan antara kerbau dan burung jalak, serta hubungan ikan
hiu ikan remora
2. Simbiosis
komensalisme
Simbiosis komensalisme adalah hubungan
yang menguntungkan satu pihak, sedangkan pihak lain tidak diuntungkan atau
dirugikan. Contoh hubungan antara anemon laut dan ikan badut, hubungan antara
tumbuhan paku atau anggrek dengan pohon besar.
3. Simbiosis
Parasitisme
Simbiosis parasitisme adalah hubungan
yang menguntungkan satu pihak, sedangkan pihak lain di rugikan: contonya kutu
yang hidup di tubuh hewan dan bunga raflesia
yang tumbuh di tumbuhan inangnya
III.
Metode pembelajaran : Inquiri
IV.
Langkah-langkah pembelajaran
a.
Kegiatan awal
1. Menarik
perhatian siswa
2. Mengucapkan
salam
3. Mengabsen
siswa
4. Membaca
basmallah
5. Apersepsi
“minggu lalu kita telah mempelajari
tentang hubungan antara makhluk hidup yang di kenal dengan simbiosis dan
macam-macam simbiosis, siapa yang masih ingat macam-macam simbiosis itu ?
Hari ini kita akan melanjutkan hubungan
antar makhluk hidup yaitu contoh-contoh dari simbiosis tersebut”.
6. Memberi
motivasi
Jika anak-anak ibu bisa menguasai materi
ini maka kalian akan mudah mengetahui mana makhluk hidup yangf termasuk
simbiosis mutualisme, komensalisme, dan parasitisme
7. Hari
ini kita akan belajar kelompok
b.
Kegiatan inti
1. Eksplorasi
a. Guru
menanyakan kepada siswa apakah kita bisa hidup tanpa bantuan orang lain?
b. Siswa
menjawab sesuai penetahuan mereka
2. Elaborasi
a. Guru
memberikan gambar kepada masing-masing kelompok
b.
Guru meminta setiap kelompok mendiskusikan
gambar tersebut, termasuk dalam simbiosis apa
3. Konfirmasi
a. Guru
meminta setiap kelompok menyajikan hasil diskusinya dengan menempelkan dipapan
tulis
b. Guru
mengoreksi jawaban setiap kelompok
c.
Kegiatan akhir
1. Mereview
2. Mengevaluasi
3. Membaca
hamdalah
4. Mengucapkan
salam
V.
Sumber/alat pembeajaran
Sumber :
bukupaket IPA kelas IV SD
Alat :
Spidol, papan tulis dan penghapus
IV. Penilaian
Teknik
: Tes
Bentuk
: Lisan dan Tulisan
Soal lisan (Latihan) (skor)
1. Hubunagan
kupu-kupu dan tanaman berbunga termasuk
conyoh
simbiosis
apa ? (50)
Kunci jawaban
1.
Simbiosis mutualisme
Soal tulisan (PR) (skor)
1. Apa
yang di maksud dengan simbiosis komensalisme ? (50)
Kunci jawaban
1.
Simbiosis komnsalisme adalah hubungan
yang menguntungkan satu pihak, sedangkan pihak lain tidak di untungkan dan
tidak di rugikan.
Mengetahui, Tembilahan,
27 April 2014
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran
Drs. Erdi Indra Mayke
Melinda, S.Pd.I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar